Amazon vs eBay



Secara umum, keduanya menyediakan fasilitas bagi pengguna website tersebut untuk melakukan kegiatan ekonomi melalui internet.Hanya saja keduanya memiliki karakteristik masing-masing dalam usaha untuk mendapatkan pelanggan Amazon.com menambahkan layanan bagi pengguna untuk melakukan penilaian ataupun mengomentari (review) link untuk masing-masing produk. Amazon juga menyediakan "Search Inside the Book", sebuah layanan yang memungkinkan pengguna menggunakan key words atau bahkan sebuah teks untuk mencari buku dalam katalog. Berbeda dengan eBay.com yang memanfaatkan akun pembayaran tersendiri, yaitu melalui PayPal, Amazon menangani setiap transaksi sendiri. Ebay.com memiliki banyak jenis produk yang ditawarkan. Tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, bahkan produk yang dijual kembali oleh pemiliknya pun tersedia. Ebay juga menyediakan beberapa produk langka dan sangat bernilai. Segala macam produk ditawarkan selama produk tersebut bukan merupakan produk ilegal. Tidak hanya produk dalam bentuk barang saja, ternyata jasa pun dapat ditawarkan. Sistem pembeliannya pun dapat melalui sistem lelang. Sangat berbeda dengan Amazon.com.

Secara mendetail dapat dilihat perbedaan dan persamaan keduanya :
Persamaan antara kedua webshop tersebut dilihat dari :
Waktu loading yang cepat
Ketersediaan informasi yang jelas
Kedua webshop tersebut sama-sama menyediakan informasi yang jelas pada halaman web mengenai isi web (yang merupakan webshop). Keduanya menyediakan link yang menuju halaman-halaman lain pada web yang berkaitan dengan barang yang diinginkan pengunjung.
Desain dengan struktur yang tepat
Keduanya memiliki header, footer, menu navigasi dan blok iklan dan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga tidak membingungkan pengguna dengan tampilan yang berubah-ubah. Keduanya menerapkan sebuah desain terstruktur dan informatif serta memberikan kemudahan pada setiap pengunjung untuk mengeksplorasi masing-masing web.
• Perbedaan keduanya terletak pada :
Tampilan web
Masing-masing membuat sebuah user interface yang sesuai dengan karakteristiknya
Barang yang ditawarkan
Berbeda dengan Amazon.com, eBay.com juga menawarkan produk dalam bentuk jasa, dan juga barang-barang yang dijual kembali oleh pemiliknya.
Kegiatan di dalamnya
eBay.com menyediakan sistem lelang barang bagi para pengguna, sedangkan Amazon.com tidak.
Pengelolaan transaksi
eBay.com menggunakan akun PayPal untuk melakukan pengelolaan transaksi, sedangkan Amazon.com mengelola segala transaksi sendiri.
Untuk menemukan keunggulan dan kekurangan masing- masing webshop, disini saya akan mejelaskan tentang  iklan harry potter.
Amazon:                        Kelebihan :
Pada situs ini, fitur-fitur yang ditampilkan bagus
Di situs ini, jika kita menuliskan Harry Potter and the Half-Blood Prince Blu-ray version, maka akan langsung ketemu, karena pada situs ini, film ini dibagi-bagi menurut formatnya seperti DVD, Blu-ray, VCD, dll.
Di situs ini, terdapat promo-promo khusus untuk pembeli yang disediakan untuk para pembeli seperti potongan harga atau diskon.
Kita dapat melihat berapa banyak orang yang membeli film Harry Potter and the Half-Blood Prince di situs ini, sehingga secara tidak langsung kita dapat mempercayai toko tersebut.
Di Amazon film ini akan diulas habis seperti siapa saja aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film,  movie trailer, dan lain sebagainya.
Jika kita ingin membeli film tersebut, atau kita mau transaksi, kita akan diproteksi agar aman dari pihak-pihak nakal
Kekurangan :
Di Amazon, Jika kita pertama kali membuka situs tersebut dan ingin membeli barang di situs tersebut, kita bingung karena disitu tombol untuk membeli barang adalah "add to cart" bahasa yang tidak lazim digunakan untuk situs jual beli yang biasanya menggunakan "Buy it now"
Barang yang ditawarkan tergolong lebih mahal dari pada eBay.
eBay                      Kelebihan:
eBay mempertahankan sejumlah situs khusus. eBay Pulse, misalnya, memberikan informasi tentang istilah pencarian populer, tren, dan item yang paling banyak ditonton.
Terdapat konten ebay Komunitas lain termasuk Discussion Boards, Groups, Answer Center, Chat Rooms, and Reviews & Guides.
eBay memiliki penawaran mobile yang kuat, termasuk SMS alert, situs WAP, Java ME client, dan aplikasi iPhone Apple tersedia di pasar tertentu.
Best of eBay adalah situs khusus untuk mencari item yang paling-tidak biasa di situs eBay. Pengguna dapat memilih dan mencalonkan pada daftar yang mereka temukan.
Terdapat juga fitur-fitur yang ditampilkan di Amazon yakni aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film,  movie trailer, dan lain sebagainya.
Sama seperti Amazon, jika kita ingin membeli film tersebut, atau kita mau transaksi, kita akan diproteksi agar aman dari pihak-pihak nakal.
Dengan  menggunakan sistem lelang, ketika kita memiliki barang antik misalnya, kita bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dengan memanfaatkan sistem lelang ini.
Kekurangan :
Pada situs ini fitur yang ditampilkan masih kalah bagus dengan pesaingnya yakni Amazon.
Dalam melakukan pencarian judul film tersebut, pada eBay ini membingungkan, dikarenakan eBay tidak menggolongkan film ini pada formatnya sehingga terjadi kesemrawutan pada hasil pencarian tersebut.
Barang yang ditawarkan di eBay lebih kurang dibandingkan Amazone, banyak terdapat barang yang kosong / tidak ada tetapi tetap ditawarkan pada pembeli, dan pada akhirnya pembeli tertipu.
 Screenshot dari www.amazon.com








Screenshot dari www.ebay.com






Dari perbedaan-perbedaan  dan persamaan serta kekurangan dan kelebihan diantara ke 2 webshop tersebut,  dapat disimpulkan bahwa Amazon memberikan rincian yang lebih jelas dari pada eBay. Dalam Amazon disebutkan lebih rinci sistem pembayaran nya dan hal lain yang berkaitan dengan transaksi barang, sedangkan pada eBay lebih detail mengenai spesifikasi barang. Misal pada produk kaset music, pada eBay lebih banyak deskripsi mengenai intrinsik barang daripada ha-hal yang berhubungan dengan transaksi barang itu sendiri.

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. lebih aman mana gan? ebay atau amzon?

    BalasHapus
  2. Kalo pertanyaanya adalah aman bertransaksi, keduanya aman mas Deri Prahman, karena keduanya memiliki sistem proteksi, sehingga orang-orang jahil tidak bisa ikut campur dalam bertransaksi.

    Hanya saja "Dulu" ketika postingan ini saya buat, informasi yang disediakan Ebay kurang informatif dan akhirbya pembeli merasa tertipu. Tapi yang namanya Webshop besar, tidak mungkin mau menipu, kalaupun kita membeli dan sudah terlanjur membayar barang yang sudah tidak ada, kalo kita klaim bahwa barangnya tidak sampai, pasti uang kita akan di kembalikan.

    Namun jika kita tidak mengklaim, maka uang kita tidak akan dikembalikan dan akhirnya pembeli berasumsi bahwa Ebay penipu.
    Terima kasih telah berkunjung ke blog saya
    Salam

    BalasHapus